Dilarang Tidak Gugup Saat Presentasi




advertisment
Dilarang Tidak Gugup Saat Presentasi - Mungkin anda akan merasa aneh dengan judul dari artikel saya ini, wajar sebelum anda membaca lengkap dari pembahasan saya ini, maka bukan tidak mungkin anda akan menganggap saya sedang melawak.

Hal Wajar Gugup Saat Presentasi
Saya ingat sekali ketika saya masih kuliah, maka tugas-tugas buat makalah, powerpoit itu sangat sering. Nah kedua jenis tugas itu biasanya akan dipresentasikan di depan kelas. Saya pada saat itu ditunjuk jadi ketua dan saya juga yang mempresentasikan hasil diskusi kelompok kami itu. Pada saat itu (masih semester muda/satu) perasaan nervous/gugup sangat besar sekali (baru pertama kali tampil), tapi untungnya materi presentasi tadi sudah cukup saya kuasai jadi nervous-nervous sikitlah, namun itu jadi pelajaran bagi saya untuk kedepannya sebelum tampil harus mempersiapkan segala sesuatu (percaya diri dan pengetahuan).

Ok sebelum pembahasan kita lebih jauh membelok, kita kembali ke topik, "Dilarang Tidak Gugup Saat Presentasi" maksutnya adalah gugup itu tidak apa-apa, sebab bila anda masih merasa gugup saat presentasi itu artinya anda harus lebih banyak berlatih dan latihan anda tersebut menunjukan kepedulian anda akan nilai sebuah presentasi tersebut dan anda juga peduli akan audiens yang siap untuk menyaksikan anda (agak mutar-mutar ya bahasanya ^_^).

Kesimpulan
  1. Gugup adalah sebuah keadaan wajar saat kita sedang tampil didepan umum
  2. Kita harus bisa menerima kegugupan ini tanda dari kepedulian kita untuk terus berlatih


Share on Google Plus

About Calvin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar