Bagaimana Jika Saya Tidak Lulus SBMPTN




advertisment
Apa Yang Harus Dilakukan Jika Tidak Lulus SBMPTN, Sebelumnya saya (admin) mau ngucapin slamat buat saudara/ri yang telah lulus di medan juang SBMPTN tahun 2013 ini. Namun bagi anda yang belum lulus jangan menyerah ibarat kata pepatah bahwa kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Saya akan berbagi sedikit pengalaman kepada anda (pengalaman sendiri).


Ketika itu (tahun 2008) saya juga bersemangat sekali menanti pengumuman SBMPTN SNMPTN 2008 pada saat itu pengumuman belum ada seperti sekarang ini secara online, jadi pagi-pagi siap-siap menunggu tukang koran yang datang untuk melihat pengumuman itu, namun sayang ternyata saya gagal. Saya tidak lulus padahal saya sudah sangat yakin bakalan lulus di UNIVERSITAS SUMATERA UTARA atau UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Kekalahan itu bisa saya terima karena saya sadari dalam menghadapi ujian masuk perguruan tinggi tersebut saya hanya mengandalkan pengetahuan yang pas-pasan dan modal nekat tanpa modal yang kuat (pantas saja saya kalah). 
Jangan Menyerah Jika Tidak Lulus Ujian SBMPTN

Satu tahun berlalu akhirnya musim SNMPTN kini kembali datang dan pada saat itu saya sudah cukup yakin dengan segala persiapan yang sudah saya persiapkan. Setahun terus mengasah kemampuan (walaupun diselingi bekerja diperusahaan sebagai kuli kasar/buruh) akhirnya membawa saya lulus di perguruan tinggi negeri di Kota Medan (UNIMED), Walaupun Nama UNIMED tidak sebesar nama USU namun saya tetap bangga dengan pilihan ketiga saya di Jurusan Pendidikan Geografi UNIMED. Kenapa saya begitu bangga dengan jurusan itu? Alasannya tentu karena jurusan itu merupakan jurusan satu-satunya di Sumatera Utara ini, Setahu saya belum ada universitas lain (termasuk USU) jurusan GEOGRAFI ya ini suatu peluang besar untuk saya melamar pekerjaan (persaingan sedikit). 

Jadi yang mau saya sharekan disini adalah tetaplah anda semangat optimis dan terus berfikiran luas. Masa depan anda masih sangat panjang dan siapa tahu hari esok anda bisa lebih cerah dari orang-orang yang lulus tahun ini jika anda tetap berfikir positif (mungkin Tuhan memiliki rencana yang  lebih baik buat anda). 

Menutup Artikel ini saya pesankan jangan larut dalam kekecewaaan, tetaplah semangat jangan ada putus asa, apa yang sudah anda lakukan (belajar dan berlatih) itu sudah baik, mungkin belum saatnya anda lulus PTN, tidak salah anda mencoba tahun depan (seperti saya) tentunya dengan persiapan yang jauh lebih baik dan matang lagi. Terima Kasih sudah berkunjung.


Share on Google Plus

About Calvin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar