10 Jenis Makanan - Minuman Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa




advertisment
Makanan Bukan Saat Berbuka Puasa
10 Jenis Makanan - Minuman Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa - Kita tentu tidak mau ibadah puasa terganggu hanya karena hal teknis salah memilih makanan maupun minuman. Ada baiknya kendalikan nafsu/selera anda untuk sesuatu yang sangat kita nantikan.
Secara umum tidak ada makanan maupun minuman yang berbahaya atau perlu dihindari namun berbeda keadaannya saat anda sedang berpuasa dimana lambung tidak berisi selama lebih dari 14 jam dan bila kita tidak mewaspadainya maka asam lambung kita akan semakin meningkat (banjir) tentu ini akan berakibat fatal sehingga ibadah puasa saudara akan terganggu.

MAKANAN DAN MINUMAN YANG KURANGBAIK

Makanan dan minuman yang kurang baik dikonsumsi saat menjalankan ibadah puasa adalah makanan dan minuman yang mengandung kadar asam yang cukup tinggi, kadar asam yang cukup tinggi ini akan menimbulkan berbagai penyakit diantaranya kembung, penyakit maag biasa, penyakit maag akut, asam lambung hingga radang rambung (terjadi luka dalam dalam lambung).
Dalam hal ini yang perlu saudara perhatikan adapun jenis makanan dan minuman yang kami berikan ini sebagian adalah makanan dan minuman yang biasa anda konsumsi dan tugas anda untuk mengurangi kadar dan jumlahnya (jangan sampai berlebih dan mengganggu ibadah puasa kita) saat anda sedang berbuka puasa.

1.Sayuran
Tidak semua jenis sayuran ada beberapa seperti kol, kubis, brokoli dan bawang (Karena sayuran jenis ini memiliki kandungan asamnya cukup tinggi)

2.Buah-buahan berkadar asam tinggi
Buah-buahan yang rasanya asam bisa membuat asam lambung semakin bertambah (banjir). Jenis buah yang tergolong asam adalah jeruk, lemon, dan anggur.

3.Lauk - pauk berlemak tinggi
Lauk-pauk yang mengandung kadar lemak dan minyak yang tinggi juga bisa memici meningkatnya asam lambung (Contoh daging sapi, dan aneka gorengan). Jadi bagi anda penggemar jenis makanan ini sebaiknya anda membatasinya (jangan sampai berlebih)

4.Keju
Saat ini aneka makanan yang terbuat dari Keju/ chees sangat banyak kita jumpai, tentunya ini sangat menggoda lidah kita, namun ingat bahwa disinilah kita diuji kesabaran dan mental kita untuk menahan godaan duniawi, sebaiknya di hindari ya atau paling tidak dikurangi.

5.Coklat Berlebih
Setelah Keju lanjut ke coklat, ternyata banyak makanan favorit kita yang harus dikurangi porsinya.

6. Makanan pedas
Kalau yang satu ini pasti semua setuju kalau ini memang harus dihindari, karena makanan pedas juga dapat meningkatkan produktivitas asam lambung, Gak maukan puasa batal gara-gara tergoda iklan saos cabe rawit di TV  ^_^

7. Makanan banyak mengandung merica
Ya hampir sama dengan makanan pedas poin ke 9, hanya saja kali ini pedas yang di sebabkan oleh merica, pahamkan…!!

8. Permen karet
Permen karet sebaiknya juga harus anda hindari saat berbuka puasa sebab saat berbuka perut sangat sensitif dan asam lambung mudah meningkat.

9. Minuman Beralkohol dan bersoda
Jenis minuman ini banyak sekali jenisnya seperti soft drink dan segala jenis miras dan bir.

10.Minuman berkafein tinggi.
Kopi merupakan jenis minuman mengandung kafein tinggi, kafein pada kopi juga tidak baik untuk lambung kita terlebih saat perut kosong lebih dari 14 jam yang secara spontan akan memicu produksi asam lambung yang berlebih sehingga akan membuat kita merasa mual.

Catatan

Sebaiknya sebelum anda berbuka (makan dan minum) lakukan hal berikut.

1.Minum air mineral yang hangat (dapat menetralkan asam lambung yang sempat naik)

2.Jika anda yang sedang menderita penyakit maag atau sejenisnya lebih baik anda minum obat anda setelah itu anda lanjutkan berbuka (makan dan minum)


Baiklah sudah genap 10 Jenis Makanan - Minuman Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa seperti yang sudah kami utarakan di atas merupakan anjuran yang dilihat dari segi medis/kesehatan sekarang tergantung kepada anda pengendali control kesehatan anda saat berpuasa maupun berbuka. Terima kasih

 Sudah tahu belum  10 Rahasia Mencegah Diabetes / Kencing Manis



Share on Google Plus

About Calvin

    Blogger Comment
    Facebook Comment