Cara Menjaga Kebersihan Kesehatan Mulut dan Gigi Yang Benar




advertisment
Kesehatan Mulut - Mulut adalah salah satu dari sekian banyak organ penting dalam tubuh kita yang setiap hari terus bekerja. Mulut yang selalu beraktifitas seperti makan, minum dan lainnya rentan terhadap berbagai kemungkinan masuknya kuman atau bakteri yang dapat menimbukkan penyakit mulut, oleh sebab itu kita harus menjaga kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi agar mulut dan gigi kita selalu segar dan sehat.

Apakah Anda sering sakit gigi?
Kemungkinan besar itu disebabkan oleh adanya lubang pada gigi Anda. Rawat dan jagalah kesehatan gigi agar tetap sehat dan terhindar dari gigi berlubang.

Dalam menjaga kesehatan mulat kita mengenal istilah
Oral Hygiene (kebersihan mulut) yang merupakan upaya melaksanakan kebersihan rongga mulut, lidah dari semua kotoran/sisa makanan yang terdapat pada mulut kita. Tahukah Anda bahwa kebersihan mulut dan gigi yang tidak dirawat dengan benar dapat menimbulkan berbagai penyakit tidak hanya menyebabkan bau mulut, kerusakan gigi dan radang gusi, tetapi juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah-masalah kesehatan lainnya. Untuk itulah dianjurkan untuk selalu melakukan pola hidup sehat terutama mulut dan gigi caranya sangat sederhana yaitu dengan menyikat gigi dua kali sehari yakni setelah sarapan dan sebelum tidur.

Menjaga kesehatan dan merawat mulut, gigi dan lidah harus dilakukan setiap hari dan sejak usia dini. Cara yang dapat dilakukan antara lain adalah sebagai berikut:

1. Mulai dari menyikat gigi dengan benar minimal 2 kali sehari. Pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Dan perhatikan sikat gigi Anda bersih sebelum dipakai

2. Ganti sikat gigi apabila sudah agak mekar yaitu setiap 3-4 bulan sekali. Dan jangan lupa untuk memilih sikat gigi berbulu lembut dengan kepala sikat yang dapat menjangkau semua bagian gigi atas maupun bagian gigi bawah.

3. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan lidah. Sikatlah lidah dengan lembut dua kali sehari bersamaan saat menyikat gigi.

4. Pastikan Anda dan keluarga sudah menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride

5. Konsumsi makanan dan minuman yang kaya akan vitamin C dan makanan bergizi lainnya.

6. Sebagai tambahan yang tidak kalah penting yaitu gunakan cairan antiseptik untuk berkumur setelah selesai sikat gigi

7. Tidak ada yang salah saat menggukanan benang gigi sekali sehari untuk mengangkat plak yang tidak dapat disentuh oleh sikat gigi dan obat kumur

8. Anjuran para dokter agar membiasakan untuk makan buah-buahan segar karena seratnya dapat membantu menghilangkan kotoran yang ada pada gigi

9. Kunyahlah permen karet tanpa pemanis atau perasa untuk meningkatkan aliran air liur yang dapat membersihkan partikel makanan dan asam yang dapat menyebabkan kerusakan gigi

10. Kurangi mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula dan manis

11. Minum air putih secukupnya setelah makan (pagi, siang dan malam)

12. Setiap 6 bulan sekali jangan lupa untuk memeriksakan gigi dan mulut ke dokter gigi

Sumber : https://brightfuture.unilever.co.id


Share on Google Plus

About Calvin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar