Apa Perbedaan Toko Online dengan Ofline Dari Segi Biaya




advertisment
Apa Perbedaan Toko Online dengan Ofline Dari Segi Biaya, ini hanya sekedar sharing buat teman-teman semua yang sebenarnya sudah banyak kita dapatkan dari banyak sumber (majalah,buku dll). Namun saya hanya mau menekankan dari segi biaya/ongkos keluar.

Ya dari segi bahasanya saja sudah bisa kita artikan kalau jenis jualan ini pastilah seperti yang kita lihat umumnya, seperti usaha jualan di kios-kios, jualan modal besar (grosir) dan pastilah barang dagangannya ada dan terlihat langsung. Jenis usaha ini biasnya harus menyewa ruko, stan (bila di mall) dan mungkin dibuat di rumah sendiri. Pastilah jualan seperti ini membutuhkan tempat (Tempat untuk penjualan maupun tempat penyimpanan/gudang). Jika kita titik beratkan kepada biaya maka pasti dari segi lokasi/tempat saja jenis bisnis dagang ini sudah mendapat nilai (poin). Lain lagi jenis dari usaha ini membutuhkan tenaga kerja yang harus menjaga toko/ruko/warung/kios ini (tergantung lama dari kerja si karyawan tentu akan menentukan besar upahnya). 

Sudah pernah donk dengar kata Online (OL)? Lalu apa yang ditawarkan dibisnis OL ini? Sebenarnya barang yang akan dijual bisa saja sama. Contoh Jualan Offline Toko Perabotan ya pasti yang dijual segala jenis perabot rumah tangga. Begitupula dengan toko online (jika sama-sama topik perabot) maka yang dijual juga adalah barang-barang yang berhubungan dengan perabot, tetapi letak perbedaannya ditoko online anda tidak akan mendapati barang-barang nyata yang ditawarkan kepada anda namun hanya sebuah brosur/gambar-gambar produk (katalog) dari gambar-gambar tersebut anda boleh memilih barang yang anda butuh dan juga warna dan bentuk yang anda sukai.Jika dilirik segi biaya pastilah toko online jauh lebih murah dari segi ongkos/biaya (namun beberapa kasus bisa sebaliknya). 

Kenapa bisa lebih murah? Coba kita kembali ke toko offline, apasaja biaya yang keluar (biaya tempat penjualan/ruko, biaya karyawan/spg, listrik dll) itu semua bisa tidak terdapat pada toko online kecuali gudang penyimpanan barang (memuat baran-barang yang siap untuk dikirim). Jadi bila dihitung-hitung biaya/pengeluaran untuk memulai bisnis online ini tidaklah terlalu besar, anda bisa untuk memulainya dan bisa menjadi toko online yang besar seperti TOKOBAGUS.COM, BERNIAGA.COM dan masih banyak lagi. Namun perlu anda ketahui bahwa untuk tahun 2013 ini saja sudah terdapat ratusan toko online yang beredar di internet dengan segala jenis aneka produk yang dijual.

Baiklah sudah saatnya saya menutup catatan ini. Saya berharap bisa membantu anda setidaknya tahu "Apa Perbedaan Toko Online dengan Ofline Dari Segi Biaya". Terimakasih.


Share on Google Plus

About Calvin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Silahkan Anda berkomentar yang baik untuk postingan ini (Apa Perbedaan Toko Online dengan Ofline Dari Segi Biaya)
    Trima Kasih

    BalasHapus