Sudah Tahu Belum 10 Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh




advertisment
Sudah Tahu Belum 10 Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh - Beberapa hari yang lalu ada seorang anak kecil yang bertanya kepada saya, “bang puasa bermanfaat gak buat kesehatan?”. Dari pertanyaan sederhana itu saya buka lagi beberapa buku tentang puasa dan beberapa artikel di internet yang juga membahas tentang kekebalan tubuh, dari situlah artikel ini berangkat.

Gambar 10 Manfaat Berpuasa bagi Kesehatan
Sebagai kewajiban maka puasa wajib kita tunaikan, yang sebagai balasannya kita akan mendapatkan pahala dan tentunya iman kepercayaan kita semakin kuat. Menahan lapar lebih dari 14 jam dengan kondisi perut kosong ternyata memberikan 10 manfaat yang baik bagi tubuh kita.

10 MANFAAT BERPUASA BAGI KESEHATAN TUBUH

1. PUASA DAPAT MENGURANGI GULA DARAH.

Berpuasa adalah kegiatan tidak makan dan tidak minum (secara mekanik), maka ketika tidak makan maka produktivitas pemecahan glukosa semakin meningkat sehingga member kesempatan tubuh mendapat energi yang notabene akan mengurangi gula darah

2. BERPUASA DAPAT MENGURANGI BEBAN SISTEM PENCERNAAN
Seperti yang sudah diuraikan diatas secara lahiria puasa itu tidak makan dan tidak minum artinya organ percernaan diajak untuk beristirahat. Namun satu yang perlu saudara ketahui bahwa saat berpuasa produktivitas asam lambung dapat meningkat jauh dari saat kita tidak berpuasa namun itu tidak jadi masalah jika kita pandai mengatur makanan saat sahur dan berbuka . Baca MakananDan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

3. TUBUH MELAKUKAN DETOKSIFIKASI SAAT BERPUASA
Apa itu detoksifikasi?. Detoksifikasi adalah keadaan tubuh mengeluarkan zat-zat racun, tubuh dapat melakukan detoksifikasi saat berpuasa dan berkesempatan membuang banyak toksin atau racun yang tersimpan dalam lemak. Pada saat berpuasa inilah kesempatan buat kita untuk mengurangi racun/toksin dalam tubuh/darah.

4. DAPAT MENINGKATKAN PEMBAKARAN LEMAK
Manfaat berpuasa ke 4 ini adalah lanjutan dari DETOKSIFIKASI yang pada akhirnya semua lemak akan terbakar, jadi berpuasa merupakan solusi alami diet bukan? ^_^

5. BERPUASA DAPAT MENGURANGI TEKANAN DARAH TINGGI
Tekanan darah yang tinggi dapat memicu berbagai penyakit berbahaya lain, namun tahu tidak bahwa ternyata dengan berpuasa kita dapat mengurangi tekanan darah tinggi, bermanfaat banget ya teman ^_^.

6. BERPUASA DAPAT MENURUNKAN BERAT BADAN
Lemak berkurang maka sejalanlah berat badan juga akan menurun dengan cepat. Penurunan berat badan ini sebenarnya relatif dan bisa gagal tergantung orang yang menjalankan puasa tersebut. Dan penurunan berat badan ini juga akan berdeda untuk setiap orangnya, yang penting puasa bisa jadi agenda diet anda juga.

7. PUASA DAPAT MENGATASI KECANDIUAN YANG TIDAK BAIK
Kecanduan yang tidak baik ini adalahah kebiasaa - kebiasaan yang kurang baik untuk tubuh, apakah itu?
kita sebut saja merokok, pasti secara sadar atau tidak sadar kita akan dituntut untuk menahan agar tidak merokok, dan masih banyak lagi contoh yang bisa kita ambil
8. PUASA MEMOTIVASI UNTUK BERDIET
Dengan berpuasa secara tidak sengaja kita akan termotivasi untuk berdiet, namun janganlah diet menjadi alasan anda untuk berpuasa, sebaliknya dengan berpuasa kita termotivasi untuk berdiet. Pahamkan?

9. PUASA DAPAT MENINGKANTKAN IMUNITAS TUBUH
Sudah tahu belum manfaat lain dari berpuasa meningkatkan daya tahan atau sering disebut daya imun?
Kebaikan dari berpuasa untuk kesehatan lainya adalah meningkatkan daya imun tubuh. Biasanya setiap hari kita mengkonsumsi banyak sekali jenis makanan yang belum tentu makanan tersebut bebas dari zat pengawet dan lemak maka ketika kita berpuasa ini sangat menguntungkan karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara alaminya.

10. YANG TERAKHIR BERPUASA DAPAT MENGATASI INFLAMASI
Inflamasi merupakan sakit radang dan alergi. Contoh inframasi seperti arthritis dan penyakit kulit seperti psoriasi arthritis (sumber Infosehat.com) Beberapa peneliti mengatakan bahwa berpuasa dapat meningkatkan penyembuhan penyakit radang usus seperti colitis ulserativa.

Itulah tadi “10 Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh”. yang mungkin sudah kita ketahui namun tidak kita sadari selama ini. Berpuasa itu baik, baik untuk meningkatkan iman baik juga buat kesehatan. untuk menutup artikel ini tidak lupa saya ucapkan selamat berpuasa buat kita semoga puasa kita jadi berkah untuk menambah amal kita kelak.


Share on Google Plus

About Calvin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar