Tips dan Cara Agar Sukses PPL Di Sekolah




advertisment
foto saat pembekalan dikampus sebelum PPL
Tips dan Cara Agar Sukses PPL Di Sekolah - Bagi anda yang tahun ini akan menghadapi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), selamat menempuh perjalanan dan pengalaman baru di dunia pendidikan.

Tips dan Cara ini adalah pengalaman saya sendiri yang telah sukses menjalani PPL tahun lalu semoga dengan tips ini bisa anda pahami dan membantu anda saat PPL nanti.


Bagi anda yang belum pernah PPL sebelumnya tentu anda akan bertanya bagaimana agar sukses di PPL nanti, biasanya dilihat dari parameter nilai yang baik dan tidak telat dalam pengumpulan berkas-berkas dan satu lagi tetap meninggalkan kenangan indah dalam masa-masa PPL itu. 

Tips dan Cara Agar Sukses PPL Di Sekolah
1. Sebelumnya anda kenali medan/daerah yang akan anda kunjungi, kenali karakter orang-orang sekitar tempat anda praktik nanti.

2.Tentukan siapa ketua, sekertaris maupun bendahara kelompok PPL kalian, Pilihlah orang-orang yang memang loyal. Kalau sebelumnya anda tidak saling kenal caranya mudah ko.

Coba beri pertanyaan (Buat calon ketua yang dilemparkan secara forum) : Kalau seandainya ada masalah dan itu mengharuskan salah satu diantara kelompok kita mendapatkan nilai yang rendah, menurut  kalian siapa yang harus menerima itu (nah kalau ada salah satu yang mengatakan bilang biar saya saja yang nanggung, berarti itu calon ketua jempolan, boleh anda pilih dia) tapi kalau dia bilang kita tanggung sama-sama (berarti dia mencoba bersembunyi dan mengharapkan bantuan dari teman-teman yang lain) walaupun sebenarnya masalah ditanggung bersama-sama namun kita disini ingin melihat karakter bertanggung jawab seorang ketua. (ini pendapat saya, maaf kalau beda dengan kalian)

3. Setelah anda melakukan survei (pra pengenalan lokasi) dan menemukan pengurus - pengurus PPL maka anda tentukan dimana posko atau tempat tinggal sementara kalian (usahakan tempatnya tidak terlalu jauh maupun terlalu dekat)
Apa hubungannya kesuksesan PPL dengan Posko, ya jelas ada sebab sukses tidaknya anda saat PPL nanti besar poinnya ditentukan oleh lokasi tempat tinggal anda
Misal.
Lokasi posko anda jauh dari tempat mengajar, maka selain ongkos yang lebih besar, anda akan lebih sulit untuk menjangkau apabila sewaktu-waktu anda membutuhkan barang atau alat praktik dari posko anda (kalau dekatkan bisa jalan saja ^_^) namun jangan juga terlau dekat, sebab foktor lokasi yang terlalu dekat dapat mengakibatkan anda akan menjadi sedikit malas untuk berangkat sekolah (pengalaman pribadi).

4. Tips keempat ini anda harus berdiskusi kepada seluruh anggota PPL agar semuanya berjalan lancar (kegiatan mengajar, sosialisasi ke masyarakat dll). 

5. Selama anda melakukan praktik mengajar saya sarankan anda untuk tidak lebai, ya biasa-biasa saja. Apalagi lokasi yang anda kunjungi adalah lokasi baru yang belum tahu bagaimana karakter masyarakat disana (pasti berbeda dengan sosial ekonomi masyarakat di kota). Contoh ketika kami PPL tahun 2012 lalu pada saat itu sudah malam namun beberapa orang diantara kami masih bernyanyi-nyanyi bermain gitar sampai larut malam, akibatnya dari luar ada serangan berupa lemparan ke atap Posko kami (lemparan peringatan hehehehe) jadi jangan ditiru ya ^_^

6. Masa - masa PPL adalah masa-masa yang paling indah bila dibangun dengan kekompakan tim, sebab kurang lebih 3 bulan lamanya hidup bersama-sama, tidur sama, makan juga sama (kalau tidak makan di posko, pergi ke luar juga sama-sama), bahkan kadang-kadang mandi juga sama-sama.(Jangan berfikir negatif ya). Saran saya bangunlah kekompakan antara tim satu posko anda agar nantinya anda akan nyaman di posko tersebut.
foto saat bersih-bersih diruangan baru untuk kantor calon Guru PPL

7. Selanjutnya tips ini untuk anda jika sedang mengajar. Karena basic saya memang sudah seorang pengajar (tentor/mentor) jadi saya sih enjoy aja, namun bagi anda yang belum bernah sama sekali berbicara didepan umum apalagi dihadapan kurang lebih 40 pasang bola mata di tambah Guru Pamong (pembimbing anda saat PPL) maka rasa grogi/gugup itu akan timbul. Lalu bagaimana agar tidak gugup (Baca disini artikel saya tentang dilarang tidak gugup) dan bagaimana cara agar membuat pamong senang saat kita mengajar (itulah yang akan anda temukan sendiri sensasinya akan jauh lebih terasa bila anda dapatkan sendiri).Intinya jadilah diri anda sendiri lakukan yang terbaik dan anggap orang-orang yang sedang anda ajarkan itu adalah adik-adik kalian yang harus di beri perhatian yang tulus (bukan karena terpaksa) saya yakin seribut apapun siswa anda nanti mereka akan luluh jika anda bisa mainkan perasaan saat mengajar (membimbing dan memotivasi), tentu anda sudah cukup tahu tentang ini dalam mata kulia
micro teaching.

8. Ini yang terakhir, agar sukses di PPL anda harus menjaga sikap terutama sikap anda kepada orang-orang yang dekat kepada anda (Dosen PPL, kepala sekolah, guru pamong, kepala desa dan masyarakatnya, guru-guru lain bukan pamong, siswa (jangan terlalu dekat dengan siswa), dan kepada sesama anggota PPL).

Ok mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga sedikit dari saya ini bisa membantu anda suskses di PPL mendatang, ingatlah jaga kekompakan antara anggota PPL, jangan terlalu fokus pada nilai karena itu sifatnya sementara namun persahabatanlah yang utama, kalau ada yang cinlok (cinta lokasi) antar guru-guru PPL itu sudah biasa namun tetap jaga agar itu tidak jadi petaka/masalah saat PPL nanti kalu bisa ditahan dulu kalau sudah selesai PPL boleh-boleh saja. Sekian Tips dan Cara Agar Sukses PPL Di Sekolah dari saya terima kasih sudah berkunjung.

Foto- Foto kenangan saat PPL dulu (4 saja cukup ya)
foto bersama guru dan mahasiswa saat PPL


foto saat selesai mandi di pantai anggota PPL
foto saat selesai mandi di pantai anggota PPL
foto saat perpisaahan (penulis sedang bernyanyi)
Bernyanyi Bersama saat Perpisahan PPL (penulis yang lagi nyanyi)
Foto-foto dijam kosong nagajar
Penulis di pinggir kanan (ganteng ya ^_^)



Share on Google Plus

About Calvin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar:

  1. Sangat bermanfaat dan menginspirasi. Alhamdulillah saya juga sukses dalam ppl di smk. Makasih pengalamannya.

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat dan menginspirasi. Alhamdulillah saya juga sukses dalam ppl di smk. Makasih pengalamannya.

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas infonya...saya juga mau pll awal bulan depan2016

    BalasHapus